Friday, April 1, 2016

Alun-alun Kota Lama Banyumas


Alun-alun Kota Lama Banyumas merupakan alun-alun penanda pusat pemerintahan dan ditanami pohon bringin sebagai simbol pengayom masyarakat atau rakyat. Dan alun-alun Banyumas biasanya dibuat untuk berkumpulnya banyak masyarakat pada malam ada yang menikmati dengan keluarga maupun dengan kerabat atau teman.

keberadaan Alun-alun banyumas terletak kurang lebih 18 KM dari purwokerto. Kota lama Banyumas yang berusia lebih dari 400 tahun selalu menjadi daerah istimewa bagi penikmat sejarah baik warisan cagar budaya dan corak sejarah tiga karakter, kolonial, Islam dan Tionghoa melekat disekitar Alun-alun banyumas.

Barisan sepeda yang berlalulalang di Alun-alun Kecamatan Banyumas membuat mata menerawang sejenak, membayangkan nuansa Kota Lama yang hidup pada tahun 1582. Sementara di bagian lain, barisan dokar siap mengantarkan para pengunjung untuk berkeliling di kompleks benteng.

Masjid Nur Sulaiman masih berdiri kokoh, walau sudah mengalami beberapa kali renovasi. tempat ibadah itu didesain oleh arsitek Banyumas Kyai Nur Daiman. Masih ada pula tempat ibadah Tri Dharma Boen Tek Bio yang termasyur. Klenteng yang luluh-lantak lantaran terbakar pada 24 Oktober 2012 ini telah dibangun kembali.

No comments:
Write comments